Isnin, 5 Disember 2016

ASTAGHFIRULLAH !!! TERNYATA INILAH HUKUM BERWUDHU DI KAMAR MANDI YANG ADA WC-NYA.. AYUH DIBACA..



Pada dasarnya tidak ada larangan berwudhu di kamar mandi. Namun yang menjadi masalah yaitu berkaitan dengan pembacaan basmalah sebelum berwudhu didalam kamar mandi yang ada WC-nya. Lantaran membaca basmalah disyariatkan sebelum melakukan segala hal yang penting (baik).

Rasulullah saw bersabda, “Segala urusan utama yg tidak dimulai dengan basmalah, jadi ia terputus. ” (HR Abu Daud). Rasulullah saw. juga bersabda, “Tidak ada wudhu untuk yg tidak menyebut nama Allah di dalamnya. ” (HR Abu Daud). Dari ke-2 hadis ini beberapa ulama berpandangan kalau membaca B
asmalah sebelum wudhu adalah wajib, sementara sebagian lagi berpandangan kalau ia adalah sunnah.

Sementara itu dalam hadits lain, yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra. disebutkan kalau Rasulullah saw. bila akan masuk ke tempat buang air (khala’) melepas cincinnya. (HR. Abu Dawud, Turmudzi, Nasa’i serta Ibnu Majah). Rasulullah saw. melepas cincinnya karena padanya tertulis kalimat “Muhammadur Rasulullah”. Bila lafadz Allah saja tak bisa dibawa kedalam toilet terlebih membacanya.
Berdasarkan dalil-dalil diatas, jadi untuk yang menganggap bacaan basmalah sebagai sunnah, bisa tak di baca bila berwudhu di kamar kecil, terlebih bila kamar kecilnya sangat kotor. Tetapi, untuk mereka yang berasumsi membaca basmalah yaitu harus hukumnya, jadi sebaiknya di baca dengan sirr (didalam hati), atau di baca sebelumnya masuk kamar mandi, atau bila kamar mandinya bersih bisa juga di baca dengan nada jahr (terdengar).

Lantas bagaimana dengan doa sesudah wudhu? Sebaiknya dibaca diluar kamar mandi. Jadi kesimpulannya, bisa berwudhu di kamar mandi dengan ketentuan seperti diatas.

via ceritagempakkomuniti.blogspot.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : ASTAGHFIRULLAH !!! TERNYATA INILAH HUKUM BERWUDHU DI KAMAR MANDI YANG ADA WC-NYA.. AYUH DIBACA..